Pengantar Umum: Kompetensi Kebahasaan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar yang Diharapkan dari Pembelajaran dalam Blog Ini
I. Kompetensi Kebahasaan Pembelajaran Bahasa Perancis Tingkat SMA/SMA/MA
Pada blog pembelajaran ini seluruh topik bahasan yang admin sajikan pengorganisasian materinya berpedoman kepada silabus mata pelajaran SMA/SMK/MA Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Perancis Kurikulum 2013 Revisi 2016 yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Sebagaimana tercantum dalam silabus tersebut, kompetensi kebahasaan yang diharapkan bisa dicapai setelah mempelajari seluruh materi pembelajaran Bahasa Perancis yang disajikan yaitu :
Peserta didik diharapkan mampu menggunakan beragam fungsi sosial kebahasaan untuk berkomunikasi baik lisan maupun tulis dalam berbagai situasi yang sederhana setara level A1 pedoman Le Cadre Européen Commun De Référence Pour Les Langues (CECRL).
Untuk mencapai kompetensi kebahasaan setara level A1 CECRL tersebut secara utuh, maka dalam pengorganisasiannya seluruh materi pembelajaran yang ada diberikan secara bertahap kedalam tingkatan kelas yang berbeda. Sebagai patokan untuk lebih memudahkan pengukuran pencapaian dari pengorganisasian di setiap tingkatan, maka kompetensi tersebut dipetakan kembali secara lebih rinci kedalam tingkatan kompetensi yang berbeda yang disebarkan dalam tiga tingkatan kelas sebagai berikut:
1. Kompetensi Bahasa Perancis Untuk Tingkat X
Peserta didik memiliki kemampuan memperkenalkan diri; mendeskripsikan orang dan benda; mengucapkan salam; berterima kasih; memberikan informasi yang berkaitan dengan waktu; menunjukkan bangunan/fasilitas umum;menunjukkan arah, petunjuk; mengapresiasi lagu Prancis
2. Kompetensi Bahasa Perancis Untuk Tingkat XI
Peserta didik memiliki kemampuan menghargai kinerja, mengemukakan pendapat; mengajak/mengundang, menerima dan menolak ajakan, mengucapkan selamat; menceritakan keadaan yang aktual dan faktual serta menceritakan kebiasaan yang dilakukan hingga saat ini; menceritakan kejadian yang terjadi di waktu lampau; membuat pesan singkat dan pengumuman, dan membuat teks deskriptif, dan mengapresiasi puisi Prancis
3. Kompetensi Bahasa Perancis Untuk Tingkat XII
Peserta didik memiliki kemampuan menyatakan harapan; memberi saran, menyatakan tujuan, memberi perintah, melarang, menceritakan kejadian pada waktu yang akan datang, membuat teks naratif, dan mengapresiasi cerita Fabel (fable) Prancis
II. Kompetensi Inti Pembelajaran Bahasa Prancis Di Tingkatan SMA/MA/SMK
Secara umum, materi pembelajaran bahasa perancis yang admin susun dalam blog pembelajaran ini diharapkan dapat mencapai 2 kompetensi inti sebagaimana yang tertulis dalam silabus mata pelajaran SMA/SMK/MA Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Perancis Kurikulum 2013 Revisi 2016, yaitu kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan cebagai berikut :
1. Kompetensi Pengetahuan
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
2. Kompetensi Keterampilan
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
III. Kompetensi Dasar Pembelajaran Bahasa Prancis Di Tingkatan SMA/MA/SMK
1. Kompetensi Dasar Untuk Peserta Didik Tingkat X
- Mencontohkan tindak tutur menyapa (saluer), berpamitan (prendre congé), mengucapkan terimakasih (remercier) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi lisan dan tulis dan mampu menerapkannya dengan benar sesuai dengan konteks.
- Mencontohkan tindak tutur memperkenalkan diri ( se présenter ) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi lisan dan tulis dan mampu menerapkannya dengan benar sesuai dengan konteks.
- Mencontohkan tindak tutur menyatakan jati diri (donner l’identité) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi lisan dan tulis dan mampu menerapkannya dengan benar sesuai dengan konteks.
- Mencontohkan tindak tutur untuk menyatakan jam, hari, tanggal, bulan, tahun (situer dans le temps) dalam bentuk angka dan huruf dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi lisan dan tulis dan mampu menerapkannya dengan benar sesuai dengan konteks.
- Membedakan tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakan nama benda, dan bangunan publik (les endroits publics) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi lisan dan tulisdan mampu menerapkannya dengan benar sesuai dengan konteks.
- Menggambarkan tindak tutur untuk menyatakan karakteristik atau sifat orang dan benda (décrire une personne ou une chose) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi lisan dan tulis dan mampu menerapkannya dengan benar sesuai dengan konteks.
- Membedakan tindak tutur untuk menyatakan instruksi, rambu (instructions, panneaux) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi lisan dan tulis.
- Mencontohkan lirik lagu (parole d’une chanson) berbahasa Prancis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dan mampu menggambarkannya.
2. Kompetensi Dasar Untuk Peserta Didik Tingkat XI
- Mencontohkan tindak tutur untuk meminta dan mengemukakan pendapat (demander et proposer des opinions) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi lisan dan tulis dan mampu menerapkannya dengan benar sesuai dengan konteks.
- Mencontohkan tindak tutur menyatakan dan menanyakan keinginan (volonté) dan kemampuan (disponibilité) untuk melakukan suatu tindakan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi lisan dan tulis dan mampu menerapkannya dengan benar sesuai dengan konteks.
- Mencontohkan tindak tutur untuk mengajak/mengundang, menerima dan menolak ajakan (inviter quelqu’un, accepter et refuser une invitation) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi lisan dan tulis dan mampu menerapkannya dengan benar sesuai dengan konteks.
- Mencontohkan tindak tutur ucapan selamat (féliciter quelqu’un) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi lisan dan tulis dan mampu menerapkannya dengan benar sesuai dengan konteks.
- Mencontohkan tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakan keberadaan orang dan benda (se situer dans l’espace) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks Interaksi lisan dan tulis dan mampu menerapkannya dengan benar sesuai dengan konteks.
- Mencontohkan tindak tutur menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan pada saat ini atau kebiasaan hingga saat ini (raconter un événement actuel ou des habitutes) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi lisan dan tulis dan mampu menerapkannya dengan benar sesuai dengan konteks.
- Mencontohkan tindak tutur menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (raconter un événement passé) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi lisan dan tulis dan mampu menerapkannya dengan benar sesuai dengan konteks.
- Mencontohkan pesan singkat dan pengumuman (donner un message court et une annonce) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi lisan dan tulis dan mampu menerapkannya dengan benar sesuai dengan konteks.
- Mencirikan bentuk teks deskriptif dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi lisan dan tulis dan mampu menerapkannya dengan benar sesuai dengan konteks.
- Mencirikan puisi bahasa Prancis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dan mampu menggambarkannya.
3. Kompetensi Dasar Untuk Peserta Didik Tingkat XII
- Mencontohkan tindak tutur untuk menyatakan harapan (exprimer ce qu’on souhaiterait) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi lisan dan tulis dan mampu menerapkannya dengan benar sesuai dengan konteks.
- Mencontohkan tindak tutur untuk memberi saran (donner un conseil) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi lisan dan tulis dan mampu menerapkannya dengan benar sesuai dengan konteks.
- Mencontohkan tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakan tentang tujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan (exprimer un objectif) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi lisan dan tulis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi lisan dan tulis dan mampu menerapkannya dengan benar sesuai dengan konteks.
- Mencontohkan tindak tutur memberi perintah dan melarang (donner un ordre et interdire) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi lisan dan tulis dan mampu menerapkannya dengan benar sesuai dengan konteks.
- Mencontohkan teks prosedural berbentuk resep makanan (une recette) atau berbentuk manual menggunakan alat/barang elektronik dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi lisan dan tulis dan mampu menerapkannya dengan benar sesuai dengan konteks.
- Mencontohkan tindak tutur menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan kejadian pada waktu yang akan datang (raconter un événement futur) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi lisan dan tulis dan mampu menerapkannya dengan benar sesuai dengan konteks.
- Mencirikan jenis teks naratif (texte narratif) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi lisan dan tulis dan mampu menerapkannya dengan benar sesuai dengan konteks.
- Mencirikan cerita fabel (fable ) Prancis dan mampu menggambarkannya.
Pengantar Umum: Kompetensi Kebahasaan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar yang Diharapkan dari Pembelajaran dalam Blog Ini
Reviewed by Kerdil Raksasa
on
1:31 AM
Rating:
No comments: